Warga Citayam Tunggu Bantuan Cari Induk Kobra, Camat: Bantuan Apa Ya?

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Selasa, 10 Des 2019 14:02 WIB
Anak ular kobra yang ditemukan di Perumahan Royal Citayam Residence. (Sachril/detikcom)
Anak ular kobra yang ditemukan di Perumahan Royal Citayam Residence. (Sachril/detikcom)
Jakarta - Puluhan anak ular kobra ditemukan di Perumahan Royal Citayam, Bojonggede, Kabupaten Bogor, dan warga kini menanti bantuan untuk mencari induknya. Meski demikian, Kecamatan Bojonggede belum akan turun tangan menangani masalah ini.

"Bantuan apa ya? Ini kan bukan bencana, bukan kerusakan itu. Ya kan bukan bencana seperti rumah rusak. Kalau longsor, ada bantuan," kata Camat Bojonggede Dace Hatomi ketika dihubungi, Selasa (10/12/2019).


Dace menjelaskan dinas pemadam kebakaran adalah pihak yang tepat untuk memberikan bantuan kepada warga. Pemerintah setempat, dalam hal ini desa atau kecamatan, hanya membantu mencarikan orang yang bisa untuk menemukan ular kobra tersebut.

Dia menjelaskan pemerintah setempat hanya melakukan monitoring dan pencegahan. Selain itu, kata Dace, pihak kecamatan atau desa tidak memiliki orang ahli untuk menangani ular kobra.

"Kalau itu kan seperti sarang lebah. Itu kan kasusnya (ular kobra) hampir sama kayak gitu. Ada korban, kita beri bantuan. Ini kan nggak ada korban, gitu," ujar dia.

"Kecuali umpamanya rumah saya amblas atau keluar gas beracun, baru saya minta bantuan. Ada korban nggak," sambung Dace.



Sebelumnya diberitakan, ular kobra mengintai warga di Perumahan Royal Citayam, Desa Susukan, Bojonggede. Sebanyak 33 anak ular kobra sudah ditemukan. Sedangkan induk ular berbisa ini masih dalam pencarian.


Tonton juga Teror Kobra di Citayam Berlanjut Walau 30 Anaknya Telah Ditangkap :

[Gambas:Video 20detik]

(imk/imk)