Polisi Gagalkan Peredaran 2,4 Ton Mi Formalin di Palembang

Raja Adil Siregar - detikNews
Selasa, 10 Des 2019 13:31 WIB
Foto: Barang bukti mi formalin siap edar di Palembang (Raja-detikcom)
Foto: Barang bukti mi formalin siap edar di Palembang (Raja-detikcom)
Palembang - Dit Reserse Kriminal Khusus Polda Sumatera Selatan menangkap satu pengusaha mi di Palembang, Frengki. Dia ditangkap terkait produksi mi berformalin.

"Pengungkapan ini berkaitan pangan, jadi hasil ungkap kami ditemukan mi formalin. Ada 2,4 ton mi mengandung formalin kita amankan," tegas Dir Reskrimsus, Kombes Zulkarnain, Selasa (10/12/2019).

Tersangka yang merupakan produsen ini ditangkap di pabrikan mi Padang Selasa, Kambang Iwak, Kota Palembang. Frengki disebut sebagai pemilik usaha dan sudah sejak 5 tahun lalu beroperasi.



"Tersangka ditangkap pada 5 Desember lalu berikut barang bukti mi basah sudah siap edar. Mi sudah satu minggu ini kita amankan dan lihatlah, kondisinya masih baik," kata Zulkarnain.

Selain mi mengandung formalin, penyidik turut menemukan 19 liter formalin dalam jeriken. Mi itu sendiri disebut diedarkan khusus di wilayah Banyuasin, Betung, OKI dan Prabumulih.

"Mi formalin diproduksi khusus untuk mi celor, mie ayam dan mi rujak. Jadi mi ini berbahaya jika beredar di pasaran," tegas Zulkarnain.

Selanjutnya
Halaman
1 2