Ma'ruf: ASN Berintegritas Pegang Teguh Prinsip Kejujuran-Disiplin

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Selasa, 10 Des 2019 10:43 WIB
Maruf Amin (Muhammad Fida Ul Haq/detikcom)
Ma'ruf Amin (Muhammad Fida Ul Haq/detikcom)
Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta aparatur sipil negara (ASN) selalu meningkatkan pelayanan yang berintegritas bagi masyarakat. Salah satunya dengan pemanfaatan teknologi informasi.

"Pemerintah harus berinovasi melalui pemanfaatan teknologi informasi. Melalui transformasi digital, diharapkan pelayanan kepada masyarakat semakin baik dan berintegritas. ASN yang berintegritas akan memegang teguh prinsip kejujuran, konsistensi, orientasi pelayanan, inovatif, disiplin," kata Ma'ruf Amin.

Hal tersebut disampaikan Ma'ruf Amin dalam Apresiasi Penganugerahan Zona Integritas yang diselenggarakan KemenPAN-RB di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (10/12/2019).


Lebih lanjut, Ma'ruf Amin menjelaskan pentingnya integritas bagi ASN. Dengan integritas, menurut Ma'ruf, itu akan membawa kemajuan bagi bangsa.

"Profil ASN dan instansi pemerintah yang berintegritas inilah yang ingin dibangun pemerintah dan dipercaya membawa kemajuan signifikan bangsa," jelasnya.

Ma'ruf meminta jajaran ASN berinovasi dalam melakukan reformasi birokrasi. Dia menuturkan reformasi birokrasi akan berdampak pada visi-misi yang dijalankan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).


"Sukses atau tidaknya agenda-agenda pembangunan yang diusung Presiden akan sangat bergantung kepada keberhasilan reformasi birokrasi, instansi pemerintah untuk utamanya unit layanan yang berdampak pada masyarakat dan dunia usaha," jelasnya.

Dia meminta zona integritas di setiap kementerian dan lembaga pemerintah semakin ditambah. Dia berharap upaya tersebut dapat semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat.

"Saya minta agar zona integritas di seluruh kementerian/lembaga dan pemerintah daerah ke depan cakupannya harus terus diperluas, perubahannya harus semakin inovatif, terutama terhadap unit-unit yang melakukan pelayanan publik langsung kepada masyarakat," paparnya.


Tonton juga Ma'ruf Minta KPK Kerja Sama dengan Lembaga Antirasuah Negara Lain:

[Gambas:Video 20detik]

(fdu/gbr)