Melawan Saat Diamankan, 2 Penjambret di Lombok Timur Ditembak Polisi

Harianto - detikNews
Selasa, 10 Des 2019 08:20 WIB
2 penjambret di Lombok Timur yang ditangkap (Harianto/detikcom)
2 penjambret di Lombok Timur yang ditangkap (Harianto/detikcom)
Lombok Timur - Polisi menangkap dua penjambret bernama Pian (27) dan Rian (20) yang kerap beraksi dan meresahkan warga di Lombok Timur, NTB. Saat penangkapan, kaki keduanya ditembak karena melawan petugas.

"Kedua pelaku mengaku melakukan aksinya kurang lebih sepuluh kali dengan modus yang sama di daerah Lombok Timur," ucap Kasatreskrim Polres Lombok Timur, AKP Made Yogi Purusa Utama saat dimintai konfirmasi, Selasa (10/12/2019).



Pelaku melakukan aksinya pada malam hari dan mengincar pengendara sepeda motor yang sedang melintas di jalan raya. Saat berada di tempat sepi, kedua pelaku menarik tali tas korban dari samping hingga terputus. Beberapa korbannya terjatuh dari sepeda motor dan tidak sadarkan diri.

"Pelaku terus menerus melakukan aksi kejahatan serupa dengan modus yang sama," tutur Made Yogi.

Salah satu korban dari pelaku adalah anggota TNI berinisial EM. EM dijambret saat berangkat dari Sumbawa ini berboncengan dengan istri menuju tempatnya bertugas di Jembrana, Bali.

Korban yang sedang melintas di jalan raya Desa Anjani ini dipepet pelaku dan berhasil membawa kabur barang berharga di dalam tas milik istri berupa 1 cincin, gelang dan kalung emas, 1 ponsel merek Oppo A37 F dan uang tunai Rp 2.500.000.



Saat dilakukan penangkapan, pelaku melawan dengan dibantu oleh keluarganya yang berusaha membebaskan pelaku. Petugas pun kemudian terpaksa melumpuhkanya dengan tembakan lurus yang menembus betis pelaku.

Pelaku dan barang bukti kini diamankan di Polres Lombok Timur. "Beberapa barang bukti berupa barang berharga milik para korban dijual pelaku melalui jual beli online," pungkasnya. (mae/mae)