Kota Jayapura Disebut Lebih Baik daripada Serang, Data Membuktikan...

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Senin, 09 Des 2019 18:53 WIB
Foto: Masjid Agung Banten Lama (Fitraya Ramadhanny)

PDRB Kota Jayapura mencapai Rp 30,4 juta per kapita. Kota yang berbatasan dengan Papua Nugini ini punya pertumbuhan PDRB per kapita sebesar 5,45 persen pada tahun 2018.

Merujuk pada data ini, maka PDRB Kota Serang lebih tinggi ketimbang Jayapura dan pendapatan per kapita Kota Serang lebih tinggi ketimbang Jayapura.

Kota Jayapura Disebut Lebih Baik daripada Serang, Data Membuktikan...Foto: Jembatan Youtefa (sebelumnya disebut Jembatan Holtekamp, Jayapura akhirnya diresmikan oleh Presiden Jokowi. Jembatan ini menjadi jembatan terpanjang di Indonesia Timur. (Dok. Kementerian PUPR

Untuk inflasi pada bulan Mei 2019, Kota Serang mengalami inflasi 0,56 persen. Sedangkan pada bulan yang sama, di Kota Jayapura terjadi inflasi atau kenaikan harga barang dan jasa secara umum sebesar 1,13 persen.


Untuk Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Serang pada tahun 2018, nilainya sebesar 81,17. Kota Serang berada di urutan keempat di Provinsi Banten. IPM Kota Jayapura tahun 2018 sebesar 79,58. Nilai ini menempatkan Kota Jayapura urutan pertama di Provinsi Papua.

Merujuk pada data IPM yang diperoleh dari BPS sebagaimana di atas, maka IPM Kota Serang lebih tinggi ketimbang IPM Kota Jayapura.

Sementara itu, berdasarkan Survei Penilaian Integritas (SPI) yang dilakukan oleh KPK pada tahun 2017-2018, nilai integritas Pemprov Banten sebesar 65,88. Sedangkan Pemprov Papua memperoleh 52,91.

Jika hanya berdasarkan data-data di atas, Kota Serang masih lebih unggul ketimbang Jayapura.
Halaman

(dnu/tor)