Amien Rais Bicara Negara Korporasi dan Rakyat Jadi Pelengkap Derita

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Senin, 09 Des 2019 18:07 WIB
Foto: Rifkianto Nugroho
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais, bicara soal demokrasi yang kini mengarah pada demokrasi korporasi kepada seluruh anggota DPRD PAN. Menurutnya, paham tersebut keliru dan menghancurkan demokrasi yang sesungguhnya tanpa disadari.

"Jadi saya ingin mengajak adik-adikku, ini juga anak-anakku yang saya cintai untuk bersama saya membedah demokrasi itu, sistemnya apa? Supaya kita paham kalau kita sedang keliru, kalau kita sedang mungkin menghancurkan demokrasi tanpa kita sadari," ujar Amien di hadapan anggota DPRD Fraksi PAN se-Indonesia di Hotel Redtop, Pecenongan, Jakarta Pusat, Senin (9/12/2019).


Amien menjelaskan bahwa teori demokrasi adalah dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Tapi bergeser ke definisi dari perusahaan besar, untuk perusahaan besar

"Cuma sekarang ini ada definisi baru pemerintahan demokrasi yang ada sekarang itu, a government of the corporate, by corporate and for the corporation. Jadi pemerintahan dari korporasi, perusahaan besar yang mengendalikan, memang itu one man, one vote dari rakyat tapi sudah dikendalikan, sudah direkonstruksi dengan bagus sehingga itu tidak lagi suara rakyat tapi suara korporasi," terang dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4