ADVERTISEMENT

Ketua KPK ke Firli dkk: Kasus BLBI Kami Rintis, Semoga Diteruskan

Ibnu Hariyanto - detikNews
Senin, 09 Des 2019 14:50 WIB
Komjen Firli Bahuri menghadiri Hakordia 2019. (Ari Saputra/detikcom)


Berkaitan dengan BLBI, KPK sebenarnya sempat menjerat mantan Ketua Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) Syafruddin Arsyad Temenggung. Dia dihukum bersalah pada pengadilan tingkat pertama, tetapi akhirnya bebas melalui putusan kasasi di Mahkamah Agung (MA). Hanya, KPK menilai putusan itu janggal karena 3 hakim agung yang mengadili memiliki pendapat yang berbeda-beda.

Amar putusan kasasi itu dibacakan pada Selasa, 9 Juli 2019. Isinya menyebutkan bahwa perbuatan yang dilakukan Syafruddin sesuai dengan dakwaan KPK, tetapi MA menilai perbuatan Syafruddin bukan perbuatan pidana sehingga MA memutuskan melepas Syafruddin. KPK berencana mengajukan PK atau peninjauan kembali atas putusan MA itu.




Di sisi lain, kasus itu masih menjerat 2 tersangka, yaitu Sjamsul Nursalim dan Itjih S Nursalim. Suami-istri itu dijerat KPK setelah Syafruddin. Sjamsul merupakan pemegang saham pengendali Bank Dagang Nasional Indonesia (BDNI) yang mendapatkan kucuran BLBI.

Namun KPK mengalami kesulitan karena Sjamsul ataupun Itjih tidak pernah memenuhi panggilan penyidik karena berada di luar negeri. Kabar terakhir, KPK telah mengajukan ke Interpol agar mengeluarkan red notice untuk keduanya.

(dhn/fjp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT