Hadiri Peringatan Hari HAM, Ma'ruf Bicara Komitmen Tuntaskan Kasus HAM

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Senin, 09 Des 2019 11:58 WIB
Foto: Ma'ruf Amin hadiri acara peringatan Hari HAM di Komnas HAM (Lisye Sri Rahayu-detikcom)

Ma'ruf mengatakan HAM juga diatur dalam Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999. Selain itu Indonesia dalam pemenuhan HAM mengacu pada Pancasila.

"UU No 39 Tahun 1999 tentang HAM telah berjalan selama dua dekade. Implementasi HAM di Indonesia selama ini tidak mengacu pada nilai barat yang liberal atau nilai timur yang sosialis. Indonesia memiliki nilai-nilai HAM yang bersumber dari Pancasila sebagai ideologi, kepribadian dan identitas bangsa," kata dia.

Ma'ruf mengatakan tugas pemerintah adalah memastikan terselenggaranya HAM melalui undang-undang tersebut. Namun, dia menilai pemenuhan dan penghormatan terhadap HAM harus dilakukan dengan kerja sama seluruh elemen bangsa.



"Tugas pemerintah menurut UU HAM tersebut adalah untuk memastikan terselenggaranya penghormatan, perlindungan, penegakan dan pemajuan HAM sekaligus juga terwujudnya kewajiban dasar dan tanggung jawab penghormatan HAM orang lain secara timbal balik. Tugas ini memerlukan dukungan dan kerjasama seluruh elemen bangsa," pungkasnya.

Peringatan hari HAM kali ini mengusung tema '20 Tahun Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia: Refleksi dan Proyeksi'. Pada peringatan itu ini, Komnas HAM menggelar pameran foto dan peluncuran hasil penelitian Komnas HAM.
Halaman

(lir/haf)