Hadiri Peringatan Hari HAM, Ma'ruf Bicara Komitmen Tuntaskan Kasus HAM

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Senin, 09 Des 2019 11:58 WIB
Foto: Ma'ruf Amin hadiri acara peringatan Hari HAM di Komnas HAM (Lisye Sri Rahayu-detikcom)
Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menghadiri peringatan hari Hak Asasi Manusia (HAM) di Komnas HAM. Ma'ruf mengatakan pemerintah berkomitmen mencari solusi penyelesaian pelanggaran HAM masa lalu.

"Berkenaan dengan masalah HAM masa lalu pemerintah memagang komitmen untuk terus berupaya mencari solusi yang terbaik," ujar Ma'ruf saat membuka acara di Gedung Komnas HAM, Jalan Latuharhary, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (9/12/2019).

"Antara lain melalui kajian oleh berbagai instansi yang kompeten. Langkah ini diharapkan dapat mendukung melalui fungsi Komnas HAM yaitu pengkajian, penelitian, penyuluhan pemantauan dan mediasi tentang HAM," imbuh Ma'ruf.


Hadiri Peringatan Hari HAM, Ma'ruf Bicara Komitmen Cari Solusi Kasus HAMFoto: Ma'ruf Amin hadiri acara peringatan Hari HAM di Komnas HAM (Lisye Sri Rahayu-detikcom)


Ma'ruf mengatakan pemerintah selalu berkomitmen menjunjung tinggi HAM setiap warga negara. Komitmen itu tercantum dalam UUD 1945.

"UUD Tahun 1945 memuat sepuluh pasal yang berkaitan dengan HAM. Mulai dari pasal 29 A sampai dengan 29J. Substansi pasal pengaturan tentang HAM dalam UUD 1945 dapat dikatakan terbanyak dibandingkan naskah rujukan tentang HAM dari negara lain," ujarnya.

Selain pengakuan HAM, Ma'ruf mengatakan konstitusi RI juga mengatur kewajiban agar setiap orang menghormati HAM orang lain.

"Selain adanya pengakuan tentang HAM, konstitusi juga mengatur kewajiban dasar menusia setiap orang yang ada di NKRI wajib menghormati HAM orang lain serta patuh pada peraturan perundang-undangan, hukum tak tertulis dan hukum internasional mengenai HAM yang telah diterima oleh NKRI," ujarnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2