Jokowi: KPK Harus Fokus, Jangan Sporadis

Andhika Prasetia - detikNews
Senin, 09 Des 2019 11:37 WIB
Foto: Agung Pambudhy/detikcom
Foto: Agung Pambudhy/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan evaluasi program pencegahan dan penindakan di KPK. Jokowi meminta KPK tak bekerja sporadis.

Ada tiga hal yang disorot Jokowi dalam pemberantasan korupsi, yakni program penindakan, rekrutmen politik, dan soal fokus KPK.

"Kita fokusnya di mana dulu? Jangan semua dikerjakan tidak akan menyelesaikan masalah. Evaluasi-evaluasi seperti inilah yang kita mulai koreksi, evaluasi, sehingga betul setiap tindakan itu ada hasilnya yang konkret yang bisa diukur," ujar Jokowi kepada wartawan, Senin (9/12/2019).




Jokowi menyebut penindakan korupsi sudah tepat. Namun, menurutnya, dibutuhkan tindak lanjut untuk perbaikan sistem agar korupsi tidak berulang. Karena itu, Jokowi segera bertemu pimpinan KPK untuk membahas evaluasi sistem secara menyeluruh.

"Yang ketiga mengenai fokus di KPK, apakah perbaikan di sisi eksekutif daerah atau sisi pemerintah pusat atau kepolisian atau kejaksaan sehingga harus ditentukan fokusnya sehingga tidak sporadis. Evaluasi sangat perlu," tegas Jokowi.


Simak Video "Pameran Foto KPK di Peringatan Hari Antikorupsi"

[Gambas:Video 20detik]

(fdn/fdn)