Tim Tiger Tangkap Valent Pencuri Motor Bersenjata Tajam di Jakut

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Senin, 09 Des 2019 11:15 WIB
Barang bukti dari penangkapan Valent oleh Tim Tiger Polres Jakut (Dok. Istimewa)
Barang bukti dari penangkapan Valent oleh Tim Tiger Polres Jakut (Dok. Istimewa)
Jakarta - Valent Mafthi Rafiqi (21) ditangkap polisi karena kedapatan membawa senjata tajam serta kunci T dini hari tadi. Setelah diusut polisi, ternyata Valent kerap melakukan aksi pencurian sepeda motor di wilayah Jakarta Utara.

"Tim Tiger Bravo Polres Metro Jakarta Utara telah mengamankan satu orang laki-laki dalam perkara kedapatan membawa senjata tajam jenis badik," kata Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (9/12/2019).


Budhi mengatakan saat itu anggotanya sedang melakukan patroli di seluruh wilayah Jakut. Sekitar pukul 03.40 WIB, ada 2 unit motor yang dikendarai pelaku terlihat mencurigakan.

Pihaknya lantas mengejar 2 unit motor itu. Satu unit motor yang dikendarai orang lain berhasil melarikan diri, tapi 1 motor yang dikendarai Valent berhasil diamankan polisi di wilayah Danau Sunter, Jakarta Utara.


"Tim melihat ada 2 sepeda motor yang mencurigakan selanjutnya pelaku berpencar. Tim mengejar salah satu pengendara, saat dikejar sampai di Danau Sunter, salah satu pelaku jatuh dan terjepit sepeda motornya," ungkap Budhi.

Polisi langsung menggeledah tersangka. Dari tangan tersangka, polisi menyita senjata tajam jenis badik. Polisi kemudian membawa Valent ke Polres Jakut untuk diinterogasi dan diketahui Valent kerap beraksi mencuri sepeda motor di wilayah Jakut.

"Saat diperiksa dan dilakukan penggeledahan, ditemukan sebilah badik, kunci T, mata T, dan kunci leter L. Saat diinterogasi, pelaku juga mengaku bahwa telah melakukan pencurian kendaraan bermotor sebanyak 2 kali," ucap Budhi. (sam/gbr)