MRT-KAI Bakal Buat Perusahaan Bersama Kelola Kereta Api di Jakarta

Arief Ikhsanudin - detikNews
Senin, 09 Des 2019 09:54 WIB
Ilustrasi kereta api (Foto: Rifkianto Nugroho)
Ilustrasi kereta api (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta - PT Moda Raya Terpadu (MRT) bersama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) menjalin kerja sama untuk mengelola perkeretaapian di dalam kota Jakarta. Sehingga, DKI Jakarta bisa lebih mudah untuk mengelola dan integritas dengan moda transportasi lain.

"Itu artinya jutaan penduduk Jakarta akan bisa berpindah dari satu moda ke moda lain secara leluasa, secara mudah. Integrasi ini dalam aspek manajemen, dalam aspek rute, dan dalam ticketing," ucap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (9/22/2019).


Antara PT MRT dengan PT KAI sudah menandatangani head of agreement (HoA). Mayoritas saham perusahaan patungan itu akan dimiliki oleh MRT.

"Hari ini ditandatanganinya HoA di mana MRT dan PT KAI akan membentuk perusahaan joint venture yang ownership-nya 51 persen di MRT dan 49 persen di KAI," kata Anies.

Menurut Anies, ada tiga hal yang menjadi kewenangan perusahaan tersebut. Dari pengaturan stasiun sampai kereta api.

"Akan mengatur, pertama stasiun-stasiun di kawasan Jakarta. Yang ke dua, adalah pengelolaan kereta commuter. Yang ke tiga, pengaturan kereta api bandara," kata Anies.


Selanjutnya
Halaman
1 2