Jokowi Dinanti KPK, Ini Pesannya Saat Hari Antikorupsi Setahun Lalu

Tim detikcom - detikNews
Senin, 09 Des 2019 07:15 WIB
Presiden Jokowi (Foto: Ilustrator: Fuad Hasim)
Presiden Jokowi (Foto: Ilustrator: Fuad Hasim)
Jakarta - KPK menantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2019. Jokowi pernah hadir dalam peringatan serupa pada tahun lalu.

KPK sendiri menggelar kembali peringatan Hakordia di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (9/12/2019). Presiden Jokowi hingga para pimpinan terpilih diundang untuk hadir ke acara ini.

"Kami mengundang beliau, kalau tidak salah jawabannya akan ada pada waktu dekat. Yang jelas kehadiran beliau sangat kita harapkan," kata ketua KPK Agus Rahardjo di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (6/12).
Acara tersebut bertema 'Bersama Melawan Korupsi untuk Indonesia Maju'. Salah satu acara yang bakal digelar adalah KPK mendengar.

"Mudah-mudahan dengan KPK Mendengar ini kita bisa menentukan arah ke depan terutama untuk pimpinan baru, salah satunya adalah pimpinan lama, ada satu pimpinan angkatan kami, kami pun juga sudah mengundang pimpinan baru yang nanti akan menjabat di KPK, kita undang," tuturnya.

Dalam kehadirannya pada tahun lalu, Jokowi mengapresiasi kinerja KPK. Dia mengatakan pemberantasan korupsi harus ditingkatkan.

"Pertama, saya ingin mengucapkan selamat Hari Antikorupsi Sedunia untuk kita semua," kata Jokowi di Gedung Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa, 4 Desember 2018.

Jokowi mengatakan acara peringatan Hakordia tersebut menjadi momentum pengingat untuk mengevaluasi dan melanjutkan gerakan antikorupsi. Capres petahana itu ingin upaya pemberantasan korupsi terus ditingkatkan.

"Pemberantasan korupsi harus ditingkatkan terus, baik berupa penindakan maupun pencegahan," katanya.



Simak Video "KPK Harap Jokowi Hadiri Hari Antikorupsi Bawa Kado Perppu"

[Gambas:Video 20detik]