Round-Up

Teror Belum Usai, Induk Kobra di Citayam Masih Mengintai

Tim detikcom - detikNews
Senin, 09 Des 2019 05:03 WIB
Foto: Ular Kobra di Citayam Bogor (Sachril Agustin Berutu/detikcom)


Warga setempat memang sempat menemukan kulit ular di sebuah rumah yang sudah tidak berpenghuni sekitar sembilan tahun. Namun, setelah disisir induk anak kobra tak juga ditemukan.

Menurut Ahli herpetologi (reptil dan amfibi) LIPI Amir Hamidy, anak kobra memang langsung ditinggal induknya setelah menetas. Karena itu, wajar apabila warga menemukan anak kobra berkeliaran.



"Nah ketika ular itu menetas, ular itu kan anakannya kemudian menyebar ke mana-mana. Ya kalau memang di sekitar rumah ada sarangnya, ya anakannya pasti akan nyebar ke mana-mana, karena kan dia ditinggalkan sama induknya," tutur Amir saat dihubungi.

Amir pun menilai teror anak ular kobra di Royal Citayam Residence sebagai hal yang wajar. Sebab, menurutnya, siklus telur ular kobra menetas memang pada awal musim hujan.

"Tapi fenomena kobra yang sekarang itu wajar, bukan yang heboh, karena ini kan memang musim kobra menetas. Nggak cuma kobra, beberapa jenis ular yang lain juga sama. Jadi, di awal musim hujan seperti ini, itu baik kobra atau ular-ular yang lain itu memang awal musim menetas," jelasnya.
Halaman

(zak/fdu)