Banjir Lumpur di Sigi, Kementerian PUPR Suplai Dua Truk Tangki Air Bersih

M Qadri - detikNews
Minggu, 08 Des 2019 23:40 WIB
Banjir di Desa Poi, Sigi (Foto: ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)
Banjir di Desa Poi, Sigi (Foto: ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)
Sigi - Banjir yang disertai lumpur kembali menerjang rumah penduduk di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Satgas dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyalurkan dua unit mobil tangki penyuplai air bersih.

"Kami dari Balai PUPR Prasarana dan pemukiman Sulawesi Tengah telah menurunkan dua unit mobil penyuplai air bersih serta mobil toilet untuk mengakomodir kebutuhan dasar korban banjir. Kami juga berkoordinasi dengan pemerintah Kabupaten Sigi " kata Kepala Balai PUPR Prasarana dan Pemukiman Sulawesi Tengah, Ferdinan, kepada wartawan, Minggu (9/12/2019).


Ferdinan memerintahkan agar mobil penyuplai air bersih disiagakan di lokasi bencana. Pihaknya juga bekerja sama dengan Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air dalam menyiapkan lima toilet lapangan untuk dipergunakan masyarakat di sekitar Desa Poi.

"Armada mobil tangki air bersih kami siagakan di lokasi untuk antisipasi suplai air bersih untuk warga " jelasnya.


Banjir yang merendam pemukiman warga mulai surut. Namun warga Desa Poi memilih mencari tempat yang lebih aman untuk mengungsi.


Sementara itu, akses jalan yang putus akibat banjir masih terus dibersihkan dari sisa-sisa material yang memenuhi badan jalan. Banjir terjadi pad Minggu (9/12) pukul 05.30 WIB.

Banjir mengakibatkan akses jalan di tidak bisa dilewati. Sedikitnya ada tujuh rumah penduduk yang parah terendam banjir lumpur. (fdu/fdu)