Sejumlah Rumah di Sigi Sulteng Terendam Banjir Lumpur

M Qadri - detikNews
Minggu, 08 Des 2019 10:18 WIB
Banjir lumpur merendam 7 rumah di Sigi. (Qadri/detikcom)
Palu - Sebanyak tujuh permukiman warga di Desa Poi, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, kembali diterjang banjir lumpur. Banjir diduga terjadi karena longsor di daerah pegunungan Poi akibat pergeseran tanah pada gempa Palu, September 2018.

Banjir lumpur yang disertai batu dari pegunungan Poi itu dikabarkan terjadi pada Minggu (8/12/2019) sekitar pukul 06.00 Wita. Pemerintah setempat menyampaikan lokasi di Dusun 3 Desa Poi merupakan daerah rawan banjir ketika terjadi hujan dan hal tersebut diawali sejak terjadi gempa 7,4 SR pada akhir 2018 di Palu.

"Ada sekitar 7 rumah terendam banjir yang disertai lumpur bahkan batu gajah dari pegunungan Poi. Memang sebelumnya telah terjadi hujan, namun terjadinya turunnya lumpur itu di akibatkan sedimen di sulu bergeser pada gempa tahun lalu," ungkap Camat Dolo Selatan Jalil kepada detikcom.



Jalil menambahkan arus lalu lintas jalan poros Palu-Bangga saat ini putus total karena lumpur dan bebatuan juga menutupi badan jalan. Menurutnya, tidak ada korban jiwa ataupun luka-luka pada peristiwa tersebut. Meski demikian, warga mulai tampak mengungsi untuk menghindari kejadian serupa.

"Tidak ada korban, tapi sebagian warga, khususnya ibu-ibu dan anak-anak, sudah dievakuasi ke daratan yang lebih aman. Saat ini juga sebagian warga melakukan pembersihan rumah dan menyelamatkan barang barang berharga lainnya yang terendam lumpur," ucap Jalil.


Tonton juga Lumpur Banjir Bandang Selimuti Jalan Kertasari-Pangalengan :

[Gambas:Video 20detik]



Halaman

(rvk/rvk)