Laporan dari Madrid

Karbon Biru Akan Dibahas di Ajang Pre-COP26

Mei Amelia R - detikNews
Sabtu, 07 Des 2019 18:42 WIB
Pertemuan bilateral Inggris dan Indonesia di Sekretariat Delegasi RI di COP25, Madrid, Spanypl. (Dok. Sekretariat Delegasi RI)
Pertemuan bilateral Inggris dan Indonesia di Sekretariat Delegasi RI di COP25, Madrid, Spanypl. (Dok. Sekretariat Delegasi RI)
Madrid - Calon Presiden COP26 Claire O'Neill Perry mengundang negara-negara yang berambisi menurunkan tingkat emisi, termasuk Indonesia untuk menghadiri pre-COP. Dalam pertemuan tersebut akan dibahas sejumlah agenda penting, salah satunya blue carbon.

Hal itu diungkap oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang juga Ketua Delegasi RI pada Konferensi Perubahan Iklim (COP25), Alue Dohong. Pertemuan tersebut digelar di Sekretariat Delegasi RI di Feria de Madrid (IFEMA), Madrid, Spanyol, Jumat, 6 Desember 2019.

"Tentunya Indonesia bersedia hadir di Pre-COP tersebut sekaligus untuk menunjukkan capaian Indonesia dalam upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim," kata Alue.


Claire O'Neill merupakan politikus perwakilan Inggris yang ditunjuk sebagai Presiden COP26 yang akan digelar tahun depan, di mana Inggris adalah sebagai tuan rumahnya dan akan berpartner dengan Italia. Konferensi Perubahan Iklim (COP26) sendiri akan digelar di Glasgow, Skotlandia, pada 9-19 November 2020.

Dalam pertemuan bilateral tersebut, Inggris menyambut, baik usulan Indonesia untuk menjadikan COP26 sebagai ajang untuk membahas lebih lanjut isu blue carbon, mengingat COP25 saat ini dinyatakan sebagai 'Blue COP' oleh pemerintah Chile selaku tuan rumah.

Selanjutnya
Halaman
1 2