Menhub soal Jumlah Denda Garuda Terkait Penyelundupan Harley: Puluhan Juta

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Sabtu, 07 Des 2019 13:29 WIB
Budi Karya Sumadi (Jefrie/detikcom)
Budi Karya Sumadi (Jefrie/detikcom)
Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan PT Garuda Indonesia bakal diberi sanksi denda terkait kasus dugaan penyelundupan Harley-Davidson dan sepeda Brompton. Namun dia belum menjelaskan detail jumlah denda yang harus dibayar maskapai pelat merah itu.

"Ya kalau kita melakukan suatu kegiatan itu harus sesuai dengan regulasi ya. Kalau domainnya di Kementerian Perhubungan, salahnya mereka itu karena barang-barang itu tidak terdaftar dalam flight approval. Nah, itu ada ketentuannya dan kita memang melakukan denda terhadap mereka," kata Budi Karya setelah meninjau persiapan angkutan Natal dan tahun baru 2020 di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Cakung, Jakarta Timur, Sabtu (7/12/2019).

"Dendanya ya kira-kira puluhan juta," sambungnya.


Dia mengatakan akan terus berkoordinasi dengan Dirjen Perhubungan Udara terkait denda bagi Garuda. Budi mengatakan jajarannya sedang menghitung jumlah denda yang bakal diberikan.

"Saya akan koordinasikan dengan dirjen perhubungan udara. Saya tugaskan. Kita pastikan kena denda. Tetapi jumlah dendanya teman-teman yang melakukan. Sedangkan yang personal itu hubungannya, satu, berkaitan dengan tanggung jawab mereka kepada korporasi, tentunya yang akan mengevaluasi itu adalah kementerian BUMN," ucap Budi.

Simak Video "Tanggapan IKAGI Soal Kabar Pramugari Teman Dekat Ari Askhara"


Selanjutnya
Halaman
1 2