ADVERTISEMENT

Menhub soal Jumlah Denda Garuda Terkait Penyelundupan Harley: Puluhan Juta

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Sabtu, 07 Des 2019 13:29 WIB
Budi Karya Sumadi (Jefrie/detikcom)


Budi kemudian mengapresiasi sikap Kementerian BUMN dan Kementerian Keuangan dalam menangani kasus ini. Budi merasa figur yang berada di Direksi BUMN seharusnya dapat menjadi teladan bagi para pegawai BUMN.

"Kalau menurut saya, saya mengapresiasi apa yang dilakukan oleh kementerian BUMN dan kementerian keuangan. Ini bisa menjadi suatu contoh yang baik ya. Bahwa sudah saatnya kita melakukan suatu kegiatan itu lebih governance. Jadi pak presiden juga mengatakan, jangan main-main lagi gitu ya. Dilaksanakanlah kegiatan itu," katanya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani angkat bicara tentang gegernya dugaan penyelundupan Harley-Davidson dan sepeda merek Brompton. Barang-barang itu diangkut menggunakan pesawat Garuda A330-900.

Dalam paparannya, Erick mengungkap pemilik asli dari Harley-Davidson ilegal yang diangkut menggunakan pesawat milik Garuda Indonesia tersebut berinisial AA. Namun Erick tak menyebut lugas AA yang dimaksud.


"Komite audit mempunyai kesaksian motor Harley-Davidson diduga milik direksi Garuda berinisial AA," tegas Erick Thohir.

Erick kemudian mengatakan akan mencopot Ari Askhara dari posisi Dirut Garuda. Dia juga berjanji menelusuri pihak lain yang terlibat.

"Saya sebagai Kementerian BUMN akan memberhentikan Direktur Utama Garuda dan tentu proses pada ini karena perusahaan publik ada prosedurnya," ujar Erick.
(jef/haf)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT