Kemenag Segera Terbitkan Regulasi Turunan UU Pesantren

Farih Maulana Sidik - detikNews
Jumat, 06 Des 2019 19:12 WIB
Wamenag Zainut Tauhid (Foto: Farih/detikcom)
Wamenag Zainut Tauhid (Foto: Farih/detikcom)
Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) segera menerbitkan regulasi turunan dari Undang-Undang nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren. Regulasi turunan itu berupa peraturan pemerintah atau peraturan menteri agama.

"Karena UU ini tidak bisa dilaksanakan sebelum ada (Peraturan Pemerintah) PP-nya sebelum ada (Peraturan Menteri Agama) PMA-nya. Kami dari Kementerian Agama menjadwalkan dalam satu tahun ini mudah-mudahan seluruh regulasi turunan dari UU 18 2019 ini bisa diterbitkan saya kira itu," ujar Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Saadi di kantor DPP PPP, Jl Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (6/12/2019).



Zainut menjelaskan bahwa UU Pesantren itu lahir dari sederet permasalahan dalam dunia pendidikan pesantren. Menurutnya, pesantren saat itu tidak mendapatkan tempat yang setara dengan pendidikan formal.

"Padahal dalam sejarah, pesantren sudah memiliki kontribusi yang sangat besar. Bukan hanya untuk lahirnya NKRI, tapi lebih dari itu adalah pesantren sudah melahirkan banyak tokoh-tokoh bangsa yang ikut memberikan warna dan corak untuk NKRI ini," katanya.


Selanjutnya
Halaman
1 2