Kemenag Segera Terbitkan Regulasi Turunan UU Pesantren

Farih Maulana Sidik - detikNews
Jumat, 06 Des 2019 19:12 WIB
Wamenag Zainut Tauhid (Foto: Farih/detikcom)


Zainut menuturkan saat ini ekspektasi terhadap UU Pesantren tersebut sangat tinggi agar negara mengakui keberadaan pesantren. Tak hanya itu, kata dia, keterlibatan dan pemberian fasilitas dari pemerintah terhadap pesantren juga seharusnya lebih besar.

"Melalui apa? melalui anggaran yang dialokasikan dari APBN maupun APBD. Inilah yang barangkali saya kira perlu jadi catatan ke depan. Karena apa? anggaran belanja kita yang 20 persen itu tidak serta merta barangkali nanti mengalir ke pondok pesantren," katanya.

"Ini pentingnya barangkali pengembangan-pengembangan di samping fungsi pendidikan, fungsi dakwah dan pengembangan masyarakat juga dikembangkan melalui kemitraan berbagai pihak," sambungnya.

Zainut menyebut kekhasan dan kemandirian pesantren tidak boleh hilang. Menurutnya, intervensi pemerintah harus dipastikan tidak merubah karakter dan jati diri pesantren.

"Termasuk intervensi pemerintah terhadap anggaran, itu juga tidak boleh merusak tatanan, bangunan yang sudah jadi kekhasan pesantren," pungkasnya.
Halaman

(fas/knv)