Busana 'Santai' Nadiem di Pelantikan Rektor Dikritik, Ini Kata Kemendikbud

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Jumat, 06 Des 2019 17:12 WIB
Nadiem Makarim di Pelantikan Rektor UI (Foto: Twitter/@marzukialie)
Nadiem Makarim di Pelantikan Rektor UI (Foto: Twitter/@marzukialie)
Jakarta - Busana Mendikbud Nadiem Makarim saat pelantikan Rektor Universitas Indonesia (UI) dikritik terlalu santai. Kemendikbud memberikan penjelasan mengenai gaya sang menteri.

"Ya kritik ya terima kasih atas kritikannya tapi memang kan kita juga melihat pak menteri kan dalam konteks tidak.... Itu kan pelantikannya langsung oleh wali amanat. Jadi wali amanat dengan pakaian kebesarannya, guru besar dan segala macam," kata Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kemendikbud, Ade Erlangga, saat dihubungi, Jumat (6/12/2019).



Saat pelantikan tersebut, Nadiem memakai kemeja tenun yang lengannya digulung, dipadu jeans dan sepatu loafers berbahan suede. Ade meminta semua pihak memaklumi gaya Nadiem. Gaya kasual Nadiem itu juga, menurut Ade, kerap ditunjukannya saat bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Jadi dengan style pak menteri seperti kita bisa harus dipahami bahwa bagaimanapun style itu tampakkan dengan presiden, presiden itu kan yang penting bahwa presiden itu bahwa terjadi lompatan-lompatan kemajuan, jadi esensinya lebih ke situ. Jadi persoalan-persoalan substantif harus kita kembangkan bagaimana itu bisa dibangun bersama-sama, soal style pakaian itu kan tidak masuk, pak menteri kan tidak masuk dalam seremonialnya," ujar dia.


Simak Video "Nadiem Makarim Buang Naskah Pidato"


Selanjutnya
Halaman
1 2