RI-Australia Sepakat Kerja Sama Ekonomi, Keamanan hingga Peranan Perempuan

Aditya Mardiastuti - detikNews
Jumat, 06 Des 2019 13:02 WIB
Foto: Ibnu/detikcom
Foto: Ibnu/detikcom
Badung - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto melakukan pertemuan bilateral 2+2 dengan Menlu dan Menhan Australia. Kedua negara sepakat meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi maupun pertahanan.

"Ini adalah pertemuan 2+2 pertama di masa pemerintahan baru. Hal ini menunjukkan kuatnya ikatan hubungan antara Indonesia dan Australia dan komitmen untuk terus meningkatkan berdasarkan asas kesetaraan, saling menghormati integritas wilayah negara lain," kata Retno saat jumpa pers usai pertemuan Bali Democracy Forum (BDF) ke-12 di gedung BNDCC, Nusa Dua, Bali, Jumat (6/12/2019).


Dalam pertemuan ini RI-Australia juga sepakat untuk saling bermitra menjaga perdamaian di kawasan Indo Pasifik. Indonesia juga mengapresiasi dukungan Australia terhadap Asean Outlook on Indo Pasific. Diharapkan dengan kerja sama ini hubungan antarnegara bisa mengedepankan dialog, inklusif dan menghormati hukum internasional.

"Ketiga Indonesia dan Australia juga sepakat untuk memperkuat kerja sama di Pasifik. Kolaborasi kerja sama ini akan memberikan impact yang lebih besar untuk mengaddress tantangan yang dihadapi sahabat kita di Pasifik antara lain menyangkut isu climate change dan isu pemberdayaan ekonomi perempuan," tutur Retno.
Selanjutnya
Halaman
1 2