Menteri PPN Suharso Terima Doktor Honoris Causa dari Universitas di Australia

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Jumat, 06 Des 2019 10:05 WIB
Suharso Monoarfa dapat gelar Doktor Honoris Causa dari Central Queensland University Australia (Foto: Dok. PPP)
Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menerima gelar Doktor Honoris Causa dari Central Queensland University (CQU), Australia. Plt Ketua Umum PPP itu dinilai telah berkontribusi di berbagai bidang.

Berdasarkan keterangan tertulis dari PPP, Jumat (6/12/2019), Suharso menerima gelar Doktor Honoris Causa di bidang bisnis. Selama menduduki sejumlah jabatan publik seperti anggota DPR, Menteri Perumahan Rakyat (Menpera), Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres), Menteri PPN, dan sebagai peneliti, Suharso dinilai melakukan sejumlah terobosan.

"Ketika menjadi Watimpres, Suharso merupakan bagian dari tim yang bekerja untuk membantu pemerintah dan presiden dalam mengidentifikasi perlunya sistem pendidikan tersier yang kuat dan berkualitas yang memerlukan investasi, termasuk dalam penyedia pendidikan tinggi internasional," tulis Central Queensland University.



Saat menjabat sebagai Menpera, Suharso dinilai mengembangkan skema pembiayaan perumahan untuk masyarakat berpenghasilan rendah dan mendorong pemanfaatan kebijakan moneter dan fiskal yang beda dari biasanya untuk menciptakan program inovatif yang membantu rakyat miskin memiliki rumah sendiri. Hingga saat ini, beberapa juta orang telah mendapat manfaat dari kebijakan ini.

"Saat menjadi anggota DPR 2004-2009, Suharso pernah menjabat sebagai pimpinan Panitia Anggaran DPR yang bertugas merumuskan dan anggaran nasional dan mengawasi pelaksanaannya. Saat ini Suharso bertanggung jawab atas perencanaan pembangunan Indonesia, termasuk proyek untuk mengembangkan ibu kota baru bagi negara," tulis kampus tersebut.





Sementara itu, Wasekjen PPP Achmad Baidowi (Awiek) mengaku bangga dengan gelar yang diterima Suharso. Gelar ini menurutnya sebagai pengakuan atas peran, dedikasi, kapasitas, intelektualitas, dan pemikiran Suharso.

"Pak Suharso selama ini memang mampu membuktikan bisa memberikan kontribusi dan prestasi dalam setiap jabatan publik yang diembannya. Kami yakin, prestasi yang lebih baik dan terobosan akan ditunjukkan saat beliau menjadi Menteri PPN dan Kepala Bappenas yang saat ini diembannya," ujar Awiek.



Awiek berharap pencapaian Suharso ini bisa menginsipirasi kader PPP yang lain. Sekretaris F-PPP DPR ini pun berharap kader PPP bisa menjadi tunas baru yang berkontribusi untuk negara.

"Prestasi yang diraih Suharso bisa menjadi inspirasi bagi kader PPP, sehingga ke depan muncul tunas-tunas baru untuk bisa berkontribusi bagi bangsa dan negara," pungkasnya. (azr/mae)