Laporan dari Madrid

Wamen LHK: Adaptasi dan Mitigasi Kunci Atasi Perubahan Iklim

Mei Amelia R - detikNews
Jumat, 06 Des 2019 01:52 WIB
Foto ilustrasi suasana di Paviliun Indonesia, Madrid, Spanyol. (Mei Amelia/detikcom)
Foto ilustrasi suasana di Paviliun Indonesia, Madrid, Spanyol. (Mei Amelia/detikcom)
Jakarta - Setiap pemangku kepentingan, termasuk masyarakat, harus melakukan mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim. Menurut Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) sekaligus Ketua Tim Delegasi RI pada COP25 Madrid, Alue Dohong, adaptasi dan mitigasi merupakan kunci untuk mengatasi perubahan iklim.

"Ini adalah kunci untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan meningkatkan cadangan karbon untuk mengurangi dampak perubahan iklim," kata Alue saat membuka panel diskusi di Paviliun Indonesia, Madrid, Spanyol, Rabu (5/12/2019).



Adaptasi berarti menyesuaikan diri dengan dampak perubahan iklim, sedangkan mitigasi mengacu pada upaya mengurangi emisi gas rumah kaca melalui gaya hidup rendah emisi dalam kehidupan kita sehari-hari.

"Kita dapat mengintegrasikan upaya adaptasi dan mitigasi ke dalam berbagai kegiatan pengelolaan lingkungan yang dilakukan oleh masyarakat setempat, dengan memperhatikan faktor-faktor risiko iklim dan kemungkinan dampak dari perubahan iklim," jelas Alue.



Selain itu, pemerintah telah melakukan banyak hal untuk menekan emisi karbon. Salah satunya kebijakan korektif dalam pengelolaan lahan gambut.

"Pemerintah kan sudah punya corrective measure, kebijakan-korektif yang dilakukan oleh presiden, pemerintah terkait salah satunya kita buat bagaimana me-manage gambut kan itu ada aturannya," ujarnya.

"Kita ingin gambut-gambut yang di wilayah budi daya harus diatur airnya, harus mempertahankan 40 cm airnya, khususnya pada musim kemarau, lewat Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2016," tandasnya.

Wamen LHK: Adaptasi dan Mitigasi Kunci Atasi Perubahan IklimAlue Dohong (Mei Amelia/detikcom)



Tonton juga video KPK Tunggu 6 Menteri dan Wamen Yang Belum Lapor LHKPN:

[Gambas:Video 20detik]



(mei/dnu)