Menag Optimistis Kuota Haji RI 2020 Naik Jadi 231 Ribu

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 05 Des 2019 23:58 WIB
Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi. (Foto: dok. Istimewa)


Saudi juga akan menambah layanan Iyab saat pemulangan jemaah dari Arab Saudi ke Indonesia. Tahun 1440 H, maskapai Saudi menerapkan Program Iyab untuk sekitar 48 kloter jemaah haji Indonesia.

Melalui program ini, ketika akan meninggalkan Bandara Jeddah atau Madinah ke Tanah Air, jemaah tidak melakukan proses keimigrasian, seperti perekaman biometrik dan sidik jari, tapi bisa langsung masuk pesawat.

"Iyab tahun lalu hanya untuk 48 kloter. Jemaah puas karena merasa diperlakukan seperti VIP. Kita minta diperbanyak. Pihak Saudi sedang mempertimbangkan agar ini bisa diperbanyak," ucapnya.



Terkait visa berbayar sebesar SAR 300, Menag menjelaskan bahwa itu sudah menjadi kebijakan Pemerintah Saudi. Visa tersebut sudah diberlakukan bagi semua orang yang akan masuk ke Saudi, termasuk bagi jemaah haji.

"Kami sudah minta agar itu ditunda pemberlakuannya dan agar petugas dibebaskan, tapi katanya itu sudah menjadi keputusan," ujarnya.

Diketahui kuota haji Indonesia pada 2019 berjumlah 221 ribu. Namun Saudi memberi tambahan 10 ribu kuota sehingga pada tahun ini, kuota haji menjadi 231 ribu.
Halaman

(idn/jbr)