Lodewijk Paulus Terpilih Jadi Sekjen Golkar Lagi

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Kamis, 05 Des 2019 22:16 WIB
Sekjen Golkar, Lodewijk Freidrich. (Alfons/detikcom)
Jakarta -
Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengumumkan orang-orang yang akan membantunya dalam menyusun kepengurusan partai periode 2019-2024. Dalam pengumuman itu, Airlangga menyebut Lodewijk Freidrich Paulus sebagai Sekjen partai yang akan membantunya menyusun pengurus baru.
Hal itu disampaikan Airlangga dalam penutupan Munas Golkar ke-X di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta Selatan, Kamis (5/12/2019). Airlangga awalnya mengumumkan sejumlah tokoh yang akan mendampinginya di periode 2019-2024, salah satunya Aburizal Bakrie sebagai Ketua Dewan Pembina.
"Kemudian dengan kewenangan yang sudah diberikan oleh Munas kepada saya maka malam ini saya umumkan bahwa Ketua Dewan Kehormatan adalah Bapak Akbar Tandjung," ucap Airlangga.

Airlangga lanjut mengumumkan tokoh yang akan mendampinginya di struktur Dewan Golkar. Mereka adalah Agung Laksono sebagai Ketua Dewan Pakar dan Mohammad Hatta sebagai Ketua Dewan Etik.
Dalam menyusun pengurus, Airlangga akan dibantu 4 orang formatur, yakni Ahmad Doli Kurnia, Zainuddin Amali, Melkias Mekeng, dan Ilham Permana. Dia lalu menyebut nama Lodewijk sebagai Sekjen. Untuk diketahui, seluruh pengurus Golkar saat ini sudah demisioner.
"Dan saya akan dibantu oleh seorang kader Partai Golkar yang tidak pernah meminta apa-apa, yaitu Sekjen Bapak Lodewijk Paulus. Dengan demikian, maka organisasi bisa langsung bekerja selepas munas. Dengan demikian kita bisa bekerja keras untuk menyusun struktur yang dipersiapkan untuk lima tahun mendatang," tutur Airlangga.

Ketua DPP Golkar demisioner Ace Hasan Syadzily menyebut Airlangga telah resmi menunjuk Lodewijk sebagai Sekjen Golkar. Alasannya semata-mata demi mempercepat penyusunan pengurus baru.
"Beliau menyampaikan bahwa dengan kewenangan yang dimilikinya agar organisasi dapat berjalan sebagaimana mestinya, Pak Lodewijk F Paulus kembali diangkat sebagai Sekjen," ucap Ace saat dimintai konfirmasi.

(gbr/idn)