Gus Muwafiq Kembali Dilaporkan ke Bareskrim Polri soal Isi Ceramahnya

Farih Maulana Sidik - detikNews
Kamis, 05 Des 2019 21:31 WIB
Salman Al Farisi melaporkan KH Ahmad Muwafiq atau Gus Muwafiq ke Bareskrim Polri. (Farih Maulana/detikcom)
Jakarta - Salman Al Farisi melaporkan KH Ahmad Muwafiq atau Gus Muwafiq ke Bareskrim Polri. Salman menilai Gus Muwafiq menghina Nabi Muhammad SAW.

"Bicara Nabi Muhammad bicara agama Islam ya, artinya kemudian Nabi Muhammad dinyatakan, dihina dengan direndahkan martabatnya dengan salah satu di antaranya dia mengatakan dalam ceramahnya itu Nabi Muhammad itu dekil, tidak terurus, ingusan," ujar Salman di Bareskrim Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (5/12/2019).

Adapun laporan itu bernomor LP/B/1022/XII/2019/Bareskrim atas nama pelapor Salman Al Farisi tertanggal 5 Desember 2019. Gus Muwafiq dituduh melanggar Pasal 156a UU KUHP.


Selain menghina nabi, Salman menilai Gus Muwafiq melakukan pembohongan kepada masyarakat. Salman mengatakan ucapan menghina Nabi yang disampaikan tidak berdasarkan suatu referensi yang jelas.

"Karena ada orang yang mendukung isi ceramahnya, dia katakan dalam kitab ini. Kitab ini disebutkan literaturnya, referensinya. Ternyata setelah kita kaji di dalam referensi yang dia sampaikan itu nggak ada semua," katanya.

Meskipun Gus Muwafiq telah menyampaikan klarifikasi dan permintaan maaf, Salman tetap tak terima. Menurutnya, permintaan maaf tersebut tidak substansial dengan apa yang diharapkan.



"Justru dalam permohonan maaf itu dia menyalahkan kaum milenial bukan mengakui secara pribadi dia salah, nggak ada itu. Jadi permohonan maafnya tidak substansial, tidak mengena isi yang kita anggap sebagai penistaan agama. Makannya kita belum bisa terima permohonan maaf itu," pungkasnya.

Gus Muwafiq sebelumnya telah mengklarifikasi soal tuduhan menghina Nabi Muhammad SAW. Gus Muwafiq menegaskan cinta kepada Rasulullah SAW.


"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Saya Ahmad Muwafiq dengan senang hati saya banyak diingatkan oleh kaum muslimin dan warga bangsa Indonesia yang begitu cinta sama Rasulullah, saya sangat mencintai Rasulullah, siapa kaum muslimin yang tidak ingin Rasululah?" kata Gus Muwafiq lewat video yang diterima detikcom, Senin (2/12).

Gus Muwafiq menjelaskan kalimat yang disorot dari ceramahnya itu disampaikannya saat di Purwodadi, Jawa Tengah. Gus Muwafiq mengatakan dia sering mendapat pertanyaan dari generasi milenial.

Gus Muwafiq menegaskan dia tidak menghina Rasulullah. Gus Muwafiq mengaku dari kecil diajarkan untuk menghargai Rasulullah. Namun dia meminta maaf jika pemilihan kata yang dipakainya tidak tepat.

"Nah sekarang alhamdulillah saya diingatkan, terima kasih, dan demi Allah tidak ada sedikit pun saya menghina Rasulullah. Saya dari kecil dididik untuk menghargai Rasulullah. Ini bukan masalah keyakinan, ini tantangan, kita sering ditantang untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan milenial yang kadang kita sendiri sudah nggak tahu jawabannya, karena mereka sudah nggak percaya dengan jawaban-jawaban kita," ujarnya. (fas/jbr)