Antisipasi Roboh Lagi, Pemprov DKI Akan Cek Seluruh Papan Reklame

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 05 Des 2019 20:39 WIB
Reklame di Cakung, Jakarta Timur roboh menimpa dua bangunan (dok. Suku Dinas PKP Jaktim)
Reklame di Cakung, Jakarta Timur roboh menimpa dua bangunan (dok. Suku Dinas PKP Jaktim)
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta akan mengecek seluruh papan reklame terutama baliho yang ada di wilayah DKI Jakarta. Pemprov DKI tak mau ada papan reklame roboh lagi.

"Ini sekarang kita lagi minta seluruh wilayah untuk mendata di mana-mana aja reklame. Terutama reklame baliho ini yang ada konstruksinya. Kita arahin dulu, kita panggilin wilayah (sudin) untuk melakukan pemetaan," ujar Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (Citata) DKI Jakarta, Heru Hermawanto, ketika dihubungi, Kamis (5/12/2019).

Heru mengatakan pihaknya akan mengecek kekokohan konstruksi dari papan reklame. Jika ditemukan adanya potensi roboh, pihaknya sementara akan memberi tanda agar masyarakat tidak mendekat, sambil menunggu perbaikan jangka panjang.


"Nanti akan kita cek dulu semua reklame khususnya reklame baliho. Nanti kita minta semua wilayah untuk ngecek kembali, kalau memang ada kecenderungan untuk potensi roboh baru kita lakukan pengamanan, misal memberi tanda agar orang tidak berada di sekitar baliho itu," katanya.

Tidak hanya Dinas Citata, Kasatpol PP DKI Arifin juga mengarahkan satuannya di masing-masing wilayah pemerintah kota. Pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk menindaklanjuti jika ditemukan papan reklame yang tidak layak.


"Ya saya meminta atau memerintahkan anggota saya untuk melakukan pengecekan terhadap reklame yang ada, apabila kedapatan ada konstruksinya yang rapuh. Tentunya kita akan berikan peringatan kepada pemilik konstruksi itu," kata Arifin dihubungi terpisah.

Sebelumnya, sepekan terakhir ini ada dua papan reklame roboh di wilayah DKI Jakarta. Pertama papan reklame di kawasan Warung Buncit, Jakarta Selatan, yang roboh pada Minggu (1/12) malam. Baliho tersebut menutup seluruh jalan yang menuju ke arah Ragunan. Kemudian, ada juga papan reklame roboh di wilayah Jakarta Timur, pada Rabu (4/12) malam.
Halaman

(eva/jbr)