Jokowi Raih Asian of The Year, Menlu Australia Puji Pemilu di Indonesia

Ibnu Hariyanto - detikNews
Kamis, 05 Des 2019 17:28 WIB
Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne (Foto: Ibnu/detikcom)
Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne (Foto: Ibnu/detikcom)
Jakarta - Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne ikut memberikan pandangannya terkait Presiden Joko Widodo yang mendapat penghargaan Asian of The Year 2019 dari The Straits Times Singapura. Meski, mengaku tak tahu persis soal penghargaan itu, Marise memuji proses pemilu di Indonesia yang berjalan dengan baik.

"Saya tidak yakin apa yang menjadi pertimbangan terkait hal ini dalam kebijakan di Indonesia tapi saya bisa katakan bahwa Indonesia telah melakukan pemilu yang baik, di mana presiden yang sama terpilih kembali," kata Marise saat konferensi pers di acara Bali Democracy Forum (BDF) ke-12 di gedung BNDCC, Nusa Dua, Bali, Kamis (5/12/2019).



Selain itu, ia mengatakan hubungan antara Perdana Menteri Australia Scoot Morrison dengan Presiden Jokowi memang terjalin sangat baik. Menurutnya, hal itu terlihat dari komitmen keduanya dalam meningkatkan kemitraan strategis dan melanjutkan implementasi Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (I-A CEPA).

"Dan perdana menteri Australia dengan presiden Indonesia mempunyai hubungan persahabatan yg sangat baik dan positif untuk meningkatkan kemitraan strategis komprehensif serta untuk melanjutkan implementasi I-A CEPA yang sudah melewati proses di chamber senat Australia pekan lalu dan akan diratifikasi akhir tahun ini atau awal tahun depan," tuturnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2