Gempa M 5,5 Sabang Aceh Dirasakan di Banda Aceh-Pidie

Agus Setyadi - detikNews
Kamis, 05 Des 2019 17:09 WIB
Pelajar mengikuti kompetisi simulasi evakuasi mandiri bencana gempa dan tsunami di Aceh. (Foto: Antara Foto/Irwansyah Putra)
Pelajar mengikuti kompetisi simulasi evakuasi mandiri bencana gempa dan tsunami di Aceh. (Foto: Antara Foto/Irwansyah Putra)
Banda Aceh - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,5 terasa di sejumlah kabupaten di Aceh. Warga merasakan guncangan gempa selama beberapa detik.

Gempa yang terjadi pada pukul 16.13 WIB, Kamis (5/12/2019), dirasakan sejumlah warga di Banda Aceh, Aceh Besar, dan Pidie. Namun tidak semua warga merasakan goyangan gempa.


"Ayunan gempa terasa agak kencang. Tapi tidak lama," kata seorang warga Kabupaten Pidie, Samsul, saat dikonfirmasi detikcom.

Berdasarkan data yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa bermagnitudo 5,5 berlokasi di laut Pulau Nicobar, India, atau berjarak sekitar 137 km barat laut Kota Sabang, Aceh.

Lokasi gempa ada di koordinat 6,74 Lintang Utara dan 94,42 Bujur Timur atau 137 km barat laut Kota Sabang, Aceh. Pusat gempa berada di kedalaman 32 km. Gempa ini tidak berpotensi tsunami.

"Gempa dirasakan oleh warga di Suka Makmur Aceh Besar, Pidie, dan Banda Aceh," kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Mata Ie Aceh Besar Djati Cipto Kuncoro kepada wartawan. (agse/jbr)