Perjuangan Anak Petani Buka GrabKios Berawal dari Motor Roda Tiga

Angga Laraspati - detikNews
Kamis, 05 Des 2019 16:17 WIB
Foto: Dok. Grab/Instagram
Foto: Dok. Grab/Instagram
Jakarta - 'Jangan menyerah ketika ada masalah' adalah kalimat klise yang menjadi motivasi utama dalam hidup. Hal itu juga yang dipegang teguh oleh seseorang bernama Asmarinda Sundari.

Kuliah yang tak berlanjut, tidak menjadi halangan bagi perempuan 26 tahun tersebut. Dirinya mencari cara untuk mencari nafkah bagi orang tuanya yang kebetulan berprofesi sebagai petani. Berbekal pengalamannya dari SMA yang sudah berjualan pulsa, Asmarinda nekat memulai usahanya sendiri.

Ia mulai membeli sebuah motor roda tiga dengan memakai biaya sendiri. Dengan berjualan handphone bekas dan aksesorisnya, Asmarinda pernah merasakan rugi, kehujanan, dan juga barang yang rusak.


"Saya pertama kali jualannya di pinggir jalan, dengan motor beroda tiga. Saya tidak didukung oleh orang tua saya untuk berjualan di pinggir jalan. Saya benar-benar sendiri. Sering banget mogok dan saya dorong motor saya itu," ujar Asmarinda dikutip dari Instagram resmi Grab, Kamis (5/12/2019).

Selain itu, Asmarinda juga sering mengalami kecelakaan. Dalam benaknya mungkin menyerah adalah pilihan, tapi dia tidak mengambil hal itu sebagai pilihannya. Bahkan dia terus berjuang, sampai akhirnya dirinya menemukan jalan keluar.

Berawal dari informasi yang diberikan temannya, Asmarinda mengetahui sebuah aplikasi yang bernama KUDO atau yang sekarang menjadi GrabKios. Dari situ, dia dapat membuka usaha untuk bayar listrik, PDAM, pulsa, dan lainnya. Perjuangan dirinya berlanjut sampai akhirnya bisa membeli motor dan punya tempat jualan yang tetap.


"GrabKios ini lengkap, bisa kirim uang juga, terus beli emas, voucher game. Terus saya tiap bulannya juga dapat komisi dari GrabKios," ujar Asmarinda.

Keadaan mulai berubah sekarang, orang tuanya yang tadi tidak mendukung sama sekali, sekarang jadi lebih perhatian. Teman-temannya juga banyak yang ingin membuka GrabKios sama seperti Asmarinda.

Asmarinda pun berpesan untuk tetap semangat dan juga pantang menyerah. Harapan Asmarinda sama seperti banyak orang, ingin apa yang dilakukan sekarang lebih berkembang. Grab pun ingin membantu teman-teman seperti Asmarinda, agar bisa melakukan banyak hal baik bersama. (prf/ega)