Bina Marga DKI Anggarkan Rp 349 M Bangun Trotoar Complete Street

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 05 Des 2019 16:08 WIB
ILUSTRASI/Revitalisasi trotoar/Foto: Rengga Sancaya
ILUSTRASI/Revitalisasi trotoar/Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Dinas Bina Marga DKI Jakarta menganggarkan Rp 349 miliar untuk membangun trotoar berkonsep complete street.

Dilihat dari situs apbd.jakarta.go.idm anggaran complete street itu tercatat sebagai kegiatan pembangunan jalan dan trotoar beserta kelengkapannya (complete street) dengan anggaran sebesar Rp349.037.858.483.

Kadis Bina Marga DKI Hari Nugroho mengatakan trotoar ini akan dilengkapi fasilita pejalan kaki, sepeda hingga ornamen selayaknya taman.




"Complete street itu adalah pembagian ruas jalan secara lengkap. Jadi ada main roadnya, kemudian trotoarnya. Trotoar itu dibagi lagi ada pejalan kaki, sepeda, mainhall utilitas, ada bangku taman, dan ada lampu penerangannya," ujar Hari Nugroho di gedung DPRD, Jakarta Pusat, Kamis (5/12/2019).

Complete street ini berada di Jl MT Haryono, Jl Gatot Subroto, Jl HR Rasuna Said, Casablanca, Pramuka dan Hasyim Asyari.

"Karena lokasinya itu cukup strategis seperti Thamrin-Sudirman," katanya.




Soal wacana PKL berjualan di trotoar seperti usulan gubernur Anies Baswedan, Dinas Bina Marga membicarakannya setelah pembangunan rampung.

"Nanti kan begitu trotoarnya sudah selesai nanti aturan mainnya baru diterapkan. PKL segala macamnya itu ada mekanismenya. Harus ada kolaborasi antara satpol PP, Dinas Perhubungan, Bina Marga, dinas UKM terkait pembinaan PKL itu," tutur Hari.

(eva/fdn)