Cerita Nadiem Buang Naskah Pidato Saat Hadiri Pelantikan Rektor UI

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Kamis, 05 Des 2019 10:12 WIB
Foto: Mendikbud Nadiem Makarim. (Istimewa)


Nadiem, dalam kesempatan itu pun menyampaikan terima kasihnya kepada eks Rektor UI, Prof Muhammad Anis atas capaian UI dalam dunia pendidikan. Selain itu, kata dia, juga dampak positif yang diberikan UI selama lima tahun ini.

"Seperti pencapaian di QS Ranking meningkat. Tapi yang terutama buat saya, yang paling membanggakan adalah finteknya dari times 'hire' education award. Itu buat saya bukan ranking, tapi dampak terhadap sustainable development, terima kasih ya prof," kata Nadiem.



Lebih lanjut, Nadiem kemudian menyampaikan prioritas Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Kemendikbud lima tahun ke depan. Dia mengatakan, Jokowi ingin menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul untuk mencetak pemimpin-pemimpin besar di masa depan.

"Kalau menganalisa apa dampak terbesar yang bisa dilakukan meningkatkan SDM unggul itu simpel jawabanya adalah pencetakan pemimpin pemimpin masa depan artinya mahasiswanya. Jadi bapak ibu pertama adalah menyadari bahwa prioritas utama adalah proses penggunaan, pembelajaran dan pencetakan karakter mahasiswa di dalam peruguruan tinggi," tuturnya.




Simak juga video Di Balik Pidatonya yang Menuai Pujian, Nadiem Makarim Ketakutan:

[Gambas:Video 20detik]



Halaman

(mae/imk)