Eks Mendikbud Muhammad Nuh: Kurikulum 2013 Jawaban untuk Survei PISA

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 04 Des 2019 18:58 WIB
Mantan Mendikbud Muhammad Nuh (Samsudhuha WIldansyah/detikcom)

Dari kesimpulan ini, maka saat itu disusunlah kurikulum 2013. Kurikulum ini merupakan jawaban untuk survei PISA.

"Jadi setelah kita bongkar jadi ketahuan, jadi yang kita ujikan waktu itu kita punya kurikulum waktu itu, dari situlah kurikulum 2013 itu perlu dilakukan. Di kurikulum 2013 sudah kita masukkan bahan-bahan yang tidak diajarkan kita masukan dalam kurikulum 2013. Pemetaan untuk menjawab PISA sudah kita siapkan 10 tahun lalu dan sudah ada di kurikulum 2013," jelas pria yang kini menjabat sebagai Ketua Dewan Pers.


Dia menjelaskan hal ini lewat contoh soal matematika untuk mencari luas segiempat. Sebelum ada kurikulum 2013, soal segiempat terkait mencari luas berdasarkan panjang dan lebar. Sedangkan kurikulum 2013, sudah menyuruh siswa untuk mencari panjang dan lebar dari segiempat yang luasnya 24 cm2.

Dia menyebut bahwa kurikulum 2013 ini mengajarkan tentang proses higher order thinking (cara berpikir tinggi) yang disesuaikan dengan survei PISA. Metode ini cenderung mengajak anak untuk berpikir berbeda. Sedangkan sebelumnya adalah low order thinking (cara berpikir sederhana), cenderung dogmatis.

"Jadi alurnya seperti, itu jadi yang kita lemah yang belum diajarkan dulunya adalah mengenali data padahal data ini sumber informasi, informasi sumber dari pengetahuan," pungkasnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3