Di Pelantikan Rektor UI, Nadiem Bicara Kemerdekaan Belajar-Dosen Penggerak

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Rabu, 04 Des 2019 13:27 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim di Pelantikan Rektor UI (Foto: Rahel Narrda/detikcom)
Mendikbud Nadiem Makarim di Pelantikan Rektor UI (Foto: Rahel Narrda/detikcom)
Depok - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memberikan pidato dalam acara pelantikan Rektor Universitas Indonesia (UI) periode 2019-2024. Nadiem menjelaskan prioritas Kemdikbud selaras dengan visi-misi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menciptakan SDM unggul.

"Interpresrasi Kemendikbud terhadap visi presiden adalah dua hal satu adalah merdeka belajar, kedua adalah guru penggerak. Di sini kata guru disubstitusikan dosen," kata Nadiem di Pelantikan Rektor UI, di Balai Purnomo, Kampus UI, Depok, Rabu (4/12/2019).



Merdeka belajar artinya di setap jenjang unit pendidikan. Nadiem mengatakan, saat ini dunia pendidikan memasuki paradigma baru dimana pemerintah akan memberikan kepercayaan, kebebasan, dan otonomi kepada institusi pendidikan.

"Tapi dalam era ini ekepektasi saya adalah kemerdekaan itu harus turun terus. Lembaga perguruan tinggi merdeka dari berbagai macam regulasi dan birokratisasi dan birokrasi. Para pendidik dan dosen juga dimerdekakan dari birokrasi. Dan yang tepenting mashaiswa diberikan kemerdekaana untuk belajar sesuai kemauannya, sesuai kemampuannya, sesuai interest dia," tutur dia.

Simak Video "Reuni KARS FKM UI, Anita Tanjung Inginkan Inovasi di Dunia Kesehatan"


Selanjutnya
Halaman
1 2