detikNews
2019/12/04 06:45:55 WIB

Komisi X DPR Apresiasi Ide Jokowi Gandeng Didi Kempot Sebar Nilai Pancasila

Zunita Putri - detikNews
Halaman 1 dari 2
Komisi X DPR Apresiasi Ide Jokowi Gandeng Didi Kempot Sebar Nilai Pancasila Foto Gedung DPR: Lamhot aritonang
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin kembali menggaungkan implementasi Pancasila ke generasi muda melalui berbagai media salah satunya melalui lirik lagu Didi Kempot. Wakil Ketua Komisi X F-PKS Abdul Fikri Faqih mengapresiasi ide Jokowi itu.

"Sangat bagus bila Presiden punya gagasan seperti itu, agar seniman dan lagu-lagu kita tidak jauh dari nilai-nilai kebangsaan, Pancasila," kata Abdul saat dihubungi, Selas (3/12/2019) malam.



Abdul juga menyarankan agar Jokowi juga memakai media hiburan dan pengajian untuk menyisipi narasi pentingnya pancasila sebagai ideologi negara. Tak hanya itu, menurut Abdul semua tempat ibadah juga bisa membantu menyebarkan nilai-nilai pancasila.

"Bahkan Presiden bisa menggunakan sarana hiburan dan pengajian ya berkembang di masyarakat. Kalau perlu (agar tidak) terkesan pemerintah ini represif dengan melarang atau membatas batasi, lebih baik titip pesan nilai pancasila juga disampaikan lewat jemaat injil di Gereja, kajian Hindu Budha di kuil, vihara dan klenteng, majlis taklim dan pengajian-pengajian yang sudah jadi budaya di kalangan umat Islam," ujar dia.




Lewat Sobat Ambyar, Jokowi Ingin Sebarkan Pancasila:




Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com