detikNews
Selasa 03 Desember 2019, 23:48 WIB

Tim Damkar Makassar Evakuasi 2 Sarang Tawon Vespa

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
Tim Damkar Makassar Evakuasi 2 Sarang Tawon Vespa Evakuasi sarang tawon di Makassar. (Muhammad Nur Abdurrahman/detikcom)
Makasssar -

Tim animal rescue Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Makassar mengevakuasi sarang tawon vespa.

Di lokasi pertama, tim yang berjumlah 10 orang berhasil mengevakuasi sarang tawon di rumah warga Jalan Sungai Saddang, Kelurahan Mangkura, Kec. Ujung Pandang, sekitar pukul 22.00 Wita, Selasa (3/12/2019).

Setelah tuntas, tim animal rescue Damkar Makassar langsung menuju lokasi berikutnya yang dilaporkan, di Jalan Manunggal, Kelurahan Maccini Sombala, Kec. Tamalate. Sarang tawon kedua berhasil ditangani sekitar pukul 23.00 Wita.




Menurut Ramli, Wadanton III Damkar Makassar yang memimpin proses evakuasi, metode evakuasi yang dilakukan adalah petugas damkar yang menggunakan pakaian khusus membungkus sarang tawon menggunakan karung.

"Tawon yang kita amankan beserta sarangnya ini kategori membahayakan," ujar Ramli.

Setelah sarang tawon yang terbuat dari tanah berhasil dievakuasi, selanjutnya sarang berisi tawon dibawa ke Mako Damkar untuk dimusnahkan.

"Selain dengan cara membungkus sarang, cara lainnya yang biasa kami lakukan dengan menyemprotkan api ke sarang tawon," ujar Ramli.




Diketahui, sejak sepekan terakhir ini, sudah 20 laporan sarang tawon yang berhasil dievakuasi tim animal rescue Damkar Makassar. Umumnya, proses evakuasi sarang tawon dilakukan pada malam hari.

Warga Makassar makin aktif melaporkan keberadaan sarang tawon ke petugas Damkar, pascakejadian sepasang suami-istri yang tewas karena disengat tawon vespa di Pemalang, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.


(mna/fdn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com