detikNews
2019/12/03 23:12:30 WIB

Menkeu Kesal Ada Kepala Kantor Pajak Jadi Mafia, KPK Siap Bantu Benahi

Ibnu Hariyanto - detikNews
Halaman 1 dari 2
Menkeu Kesal Ada Kepala Kantor Pajak Jadi Mafia, KPK Siap Bantu Benahi Febri Diansyah (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan rasa kesalnya karena masih ada kepala kantor pajak yang menjadi mafia korupsi. KPK siap kembali membantu Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membenahi persoalan itu.

"Kalau memang Kemenkeu melihat ada persoalan-persoalan lain yang perlu dibenahi, tidak menutup kemungkinan kerja sama seperti itu bisa dilakukan lagi," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di kantornya, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (3/12/2019).



Menurut Febri, salah satu hal yang harus dibenahi adalah soal penempatan pengisian jabatan. Ia mengatakan seharusnya Kemenkeu membuat daftar rekam jejak para pejabat itu sebelum ditempatkan di jabatan tertentu, khususnya di Direktorat Pajak.

"Atau yang lebih diprioritaskan, bagaimana upaya pencegahan melalui penempatan orang secara tepat dengan melihat integritas orang tersebut atau rekam jejaknya. Itu bisa juga dilakukan. Jadi kalau Menkeu sudah punya peta siapa orang-orang yang masuk dalam kategori merah, kuning, atau hijau, maka tentu saja orang yang diduga bermasalah tidak tepat menjabat posisi-posisi yang strategis," ujarnya.



Sebab, Febri menilai Direktorat Pajak merupakan institusi vital yang berkontribusi signifikan untuk penerimaan negara. Menurutnya, pejabat di Direktorat Pajak harus orang-orang yang memiliki integritas serta komitmen antikorupsi.

"Jadi kita perlu membutuhkan orang-orang yang bekerja untuk bangsanya secara utuh dan tak mementingkan kepentingan pribadi dengan menerima suap atau gratifikasi," sebut Febri.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com