detikNews
Selasa 03 Desember 2019, 22:07 WIB

Airlangga Sampaikan Kemenangan Cabor Wushu ke Jokowi

Uji Sukma Medianti - detikNews
Airlangga Sampaikan Kemenangan Cabor Wushu ke Jokowi Foto: Rengga Sancaya/detikcom
Jakarta - Di tengah-tengah menyampaikan sambutan sebagai Ketua Umum Partai Golkar dalam Munas Golkar, Airlangga Hartarto memberi pengumuman soal capaian medali yang diperoleh dari cabang olahraga (cabor) wushu di SEA Games 2019 Manila, Filipina. Airlangga adalah Pengurus Besar Wushu Indonesia.

"Bapak Presiden Joko Widodo yang saya banggakan, sebelum saya melanjutkan sambutan ini, saya ingin sampaikan kabar baik buat kita semua. Ini tidak tercakup dalam Partai Golkar, tapi di Manila hari ini tim wushu Indonesia menyumbangkan 2 emas, perak, dan 2 perunggu," kata Airlangga di Hotel Ritz-Carlton, Mega Kuningan Jakarta, Selasa (3/12/2019).

Airlangga menyebut ini merupakan kontribusi medali cabor terbesar sampai hari ini. Sebagai ketua umum wushu, tentu Airlangga mengaku senang. Di balik kemenangan itu, lanjutnya, ada cerita yang mengharukan.


Pertama, medali emas tersebut disumbangkan oleh anak muda milenial. Kedua, medali tersebut dicapai dalam suasana berduka lantaran orang tua atlet tersebut meninggal.

"Medali emas tersebut disumbangkan oleh anak muda milenial, yang bernama Edgar Marvelo berumur 21 tahun. Satu emas dari perorangan dan, kedua, beregu (diraih) dalam suasana berduka. Karena tadi malam ayahnya meninggal dunia," tuturnya.


Dalam suasana berduka, kata Airlangga, Edgar masih berkonsentrasi meraih dua medali emas dalam menunggu sampai 'Indonesia Raya' dikumandangkan baru malam ini kembali ke Jakarta.

"Semangat pengabdian inilah yang patut kita contoh dan menjadi suri tauladan buat kita yang bergerak di partai politik," pungkasnya.
(ujm/ega)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com