detikNews
2019/12/03 20:41:34 WIB

Bicara Stabilitas di Munas Golkar, Jokowi Singgung Demo 5 Bulan di Hong Kong

Rolando Fransiscus Sihombing, Kanavino Ahmad Rizqo, Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Halaman 1 dari 2
Bicara Stabilitas di Munas Golkar, Jokowi Singgung Demo 5 Bulan di Hong Kong Presiden Jokowi di Munas Golkar (Rolando F Sihombing/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan stabilitas di Partai Golkar turut berpengaruh terhadap kondisi politik nasional. Dia mengatakan Golkar mesti dijaga jangan sampai pecah karena merupakan aset besar Indonesia.

"Kalau Golkar panas, perpolitikan nasional juga panas. Sebetulnya tak apa. Dalam demokrasi tak apa. Yang saya takutkan, saya cuma melihat dari jauh, kalau Golkar ini pecah, jadi partai baru lagi, itu kekhawatiran saya. Golkar adalah partai besar yang jadi aset besar bagi Indonesia, mari kita jaga bersama," kata Jokowi saat memberi sambutan di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta Selatan, Selasa (3/12/2019).

"Apalagi kalau Golkar goyang, perpolitikan nasional goyang. Golkar panas, perpolitikan nasional panas. Golkar dingin, politik dingin," sambungnya.

Jokowi lalu menyinggung soal demonstrasi berbulan-bulan di Hong Kong. Akibatnya, stabilitas ekonomi Hong Kong pun terganggu.


"Kita tahu, negara lain yang dulunya stabil, lihat saja Hong Kong. Discontent terjadi di mana-mana. Persoalan yang dulu dianggap tak ada masalah, kini jadi masalah, sudah 5 bulan lebih Hong Kong demo. Kenaikan biaya transportasi 4% jadi gelombang yang begitu besar dan mengganggu stabilitas ekonomi," ujar dia.

Dia mengingatkan saat ini stabilitas nasional di Indonesia mesti dijaga. Sebab, stabilitas politik berpengaruh terhadap kepercayaan pihak luar untuk menanamkan investasi.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com