detikNews
2019/12/03 18:48:22 WIB

Ditemui MPR, MUI Minta Jabatan Presiden Tetap 2 Periode-Pilpres Langsung

Yoki Alvetro - detikNews
Halaman 1 dari 3
Ditemui MPR, MUI Minta Jabatan Presiden Tetap 2 Periode-Pilpres Langsung Pertemuan MUI dan pimpinan MPR dalam membahas amandemen UUD 1945. (Yoki Alvetro/detikcom)
Jakarta - Pimpinan MPR mendatangi Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk meminta masukan terkait amandemen UUD 1945. MPR meminta masukan dari MUI karena lembaga tersebut berurusan dengan kemaslahatan umat.

"Saat ini kami hadir di MUI untuk meminta masukan, nasihat. Karena salah satu tugas MUI adalah memberikan pembantuan demi kemaslahatan umat. Kebetulan Indonesia merupakan negara mayoritas beragama Islam," kata Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid di gedung MUI, Jl Proklamasi, Menteng, Jakarta, Selasa (3/12/2019).

Dia mengatakan amandemen UUD 1945 merupakan rekomendasi dari pimpinan MPR periode 2014-2019. Jazilul mengatakan pimpinan MPR lama memberi rekomendasi hanya untuk melakukan amandemen terbatas.


"Kami juga menerima rekomendasi dari pimpinan yang lama. Ada rekomendasi terkait amandemen terbatas. Tapi hari ini, seperti yang dilihat di wacana publik amandemen ini, aspirasi yang muncul di publik melebar ke mana-mana. Padahal rekomendasi dari MPR yang lalu itu adalah amandemen terbatas hanya GBHN," tuturnya.

Dia mengatakan dalam pertemuan tersebut, MUI berpesan agar amandemen dilakukan secara hati-hati, matang, dan komprehensif. Selain itu, MUI meminta amandemen berfokus pada GBHN. Jazilul mengatakan MUI juga berpesan untuk tidak mengubah masa jabatan dan proses pemilihan presiden.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com