detikNews
2019/12/03 17:49:47 WIB

Caketum Ramai-ramai Mundur, Munas Golkar Aklamasi Tetapkan Airlangga Ketum?

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Halaman 1 dari 2
Caketum Ramai-ramai Mundur, Munas Golkar Aklamasi Tetapkan Airlangga Ketum? Panitia Munas Golkar (Rolando/detikcom)
Jakarta - Sejumlah bakal calon Ketua Umum Partai Golkar diisukan akan mundur secara ramai-ramai. Jika sebagai besar bakal calon tersebut mundur, panitia Munas X Golkar mengatakan pemilihan Ketum Golkar bisa dilakukan secara aklamasi.

"Kalau musyawarah mufakat dan tidak ada calon yang maju, berarti kan otomatis itu aklamasi. Tidak ada pemilihan, aklamasi," kata Ketua Pelaksana Munas Golkar, Adies Kadir, di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta Selatan, Selasa (3/11/2019).

Adies mengatakan hingga saat ini calon paling kuat adalah petahana Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto. Dia berharap Munas bisa berjalan secara aklamasi.


"Kita lihat sampai saat ini kan yang calon yang sangat kuat masih Pak Airlangga Hartarto. Kalau Pak Bambang Soesatyo sudah menyatakan mundur demi kepentingan partai, kalau tidak salah alasannya untuk Pemilu 2024 dan Pilkada 2020, beliau menyatakan mundur," ujarnya.

"Mudah-mudahan nanti bisa berjalan dengan baik dan bisa aklamasi sesuai musyawarah mufakat," sambungnya.

Adies juga menilai hingga saat ini masih ada lobi-lobi antar calon ketum yang masih bertahan. Dia mendengar ada beberapa calon yang akan mundur.

"Sepengetahuan kami sampai saat ini masih dilakukan lobi-lobi negosiasi, namanya partai kami musyawarah mufakat, jadi Insyaallah kita akan melihat ya sampai dengan lihat jam pembukaan," ucap Adies.

"Tadi Pak Bamsoet sudah mundur, saya juga mendengar calon-calon yang akan mengundurkan diri," imbuhnya.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com