Usai Pidato Anies, RAPBD DKI 2020 Sudah Muncul di Situs Pemprov

Usai Pidato Anies, RAPBD DKI 2020 Sudah Muncul di Situs Pemprov

Arief Ikhsanudin - detikNews
Selasa, 03 Des 2019 17:34 WIB
Gedung Balai Kota DKI Jakarta. (Ari Saputra/detikcom)
Gedung Balai Kota DKI Jakarta. (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengunggah RAPBD 2020. Berkas yang diunggah adalah Rencana Kerja dan Anggaran (RKA), Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2020.

Dilihat detikcom di situs apbd.jakarta.go.id, Selasa (3/12/209), ada pilihan tahun '2020'. Setelah dibuka, terdapat dua opsi, yaitu (RKPD) Finalisasi Prioritas Kerja dan (RAPBD) Input Penyempurnaan RKA RAPBD 2020.



Jika dipilih 'RAPBD', akan muncul data besaran RAPBD DKI Jakarta senilai Rp 87,9 triliun. Situs itu juga menampilkan pembagian anggaran tersebut untuk anggaran kegiatan serta anggaran nonkegiatan.

Selain itu, warga bisa mengecek anggaran tiap institusi yang ada di DKI Jakarta satu per satu. Terlihat anggaran yang direncanakan untuk tiap kegiatan ataupun keperluan tiap instansi.



Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah menyampaikan pidato Rancangan Peraturan Daerah tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020. Anies mengatakan perlu ada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada 2020.

Pidato Anies disampaikan dalam rapat paripurna DPRD DKI Jakarta di gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (3/12). Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani.

"Dana perimbangan mengalami sedikit peningkatan, khususnya dari Dana Alokasi Khusus nonfisik. Sementara itu, dana bagi hasil mengalami penurunan. Penurunan ini memperkuat argumentasi perlunya Pemerintah DKI Jakarta untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)," ucap Anies.


Usai Pidato Anies, RAPBD DKI 2020 Sudah Muncul di Situs Pemprov
(aik/haf)