detikNews
Selasa 03 Desember 2019, 17:31 WIB

Jokowi: Jangan Dikira BBM Satu Harga Tak Berideologi, Ada Keadilan Sosial

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Jokowi: Jangan Dikira BBM Satu Harga Tak Berideologi, Ada Keadilan Sosial Presiden Jokowi (Foto: Kris-Biro Pers Setpres)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, dalam program BBM satu harga, terkandung nilai-nilai keadilan sosial. Sedangkan pembangunan infrastruktur merupakan langkah pemerintah untuk mempersatukan bangsa.

"BBM satu harga ada ideologi di situ ada. Saya pastikan ada. Keadilan sosial ada di situ. Infrastruktur jangan dilihat tidak ada ideologinya. Orang hanya lihat fisiknya atau orang hanya lihat urusan ekonominya. Tidak. Mempersatukan. Di situ ada persatuannya. Jadi harus dinampakkan seperti itu," ujar Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (3/12/2019).

Jokowi meminta seluruh jajarannya menonjolkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap kebijakan. Pancasila, kata Jokowi, harus terimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.




"Setiap program Bapak-Ibu sekalian munculkan ada rasa Pancasila-nya. Tapi yang harus kita lihat sekarang bagaimana membumikannya yang jauh lebih penting," tegas Jokowi.

Bagi Jokowi, Pancasila akan memandu perjalanan bangsa Indonesia agar tidak salah arah. Indonesia, menurut Jokowi, tidak akan kokoh jika ideologi berbeda-beda.

"Sekali lagi setiap produk kebijakan, setiap produk regulasi, setiap produk UU, rasa ideologi Pancasila itu harus ada. Kalau tidak? Nggak tahu mau ke mana kita," tutur dia.
(knv/dhn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com