Jokowi Ungkap Landasan Ideologis di Balik KIP-Pembangunan Infrastruktur

Jokowi Ungkap Landasan Ideologis di Balik KIP-Pembangunan Infrastruktur

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Selasa, 03 Des 2019 16:50 WIB
Foto: Presiden Jokowi (Kris-Biro Pers Setpres)
Foto: Presiden Jokowi (Kris-Biro Pers Setpres)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap landasan ideologis di balik program yang dijalankan di era pemerintahannya. Jokowi mengatakan setiap program dijalankan untuk membumikan nilai-nilai Pancasila.

"Saya berikan contoh urusan misalnya yang berkaitan dengan Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, PKH itu ada ideologinya tanya ke saya, ada. Ada. Lihat lebih dalam lagi. Ada apa di situ. Kemanusiaan dan perikemanusiaan," ujar Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (3/12/2019).



Program lain yang diungkit Jokowi adalah BBM satu harga. Program itu menurut Jokowi memiliki nilai-nilai keadilan sosial.

"BBM satu harga ada ideologi di situ ada. Saya pastikan ada. Keadilan sosial ada di situ," ujar dia.

Selain itu, Jokowi juga menegaskan pembangunan infrastruktur bukan hanya urusan ekonomi. Infrastruktur juga menjadi langkah untuk mempersatukan seluruh anak bangsa.

"Infrastruktur jangan dilihat tidak ada ideologinya. Orang hanya lihat fisiknya, atau orang hanya lihat urusan ekonominya. Tidak. Mempersatukan. Di situ ada persatuannya. Jadi harus dinampakkan seperti itu," tutur dia.



Karena itu, Jokowi meminta seluruh jajarannya menonjolkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap kebijakan.

"Setiap program bapak ibu sekalian munculkan ada rasa Pancasilanya. Tapi yang harus kita lihat sekarang bagaimana membumikannya yang jauh lebih penting," tegas Jokowi. (knv/haf)