Laporan dari Madrid

Kesepakatan Artikel 6 Paris Agreement Diharapkan Tuntas di COP25

Mei Amelia Rahmat - detikNews
Selasa, 03 Des 2019 16:37 WIB
Foto: Ketua Tim Delegasi RI sekaligus National Vocal Point Indonesia, Ruandha Agung Sugardima (kiri) (Mei Amelia-detikcom)

Beberapa negara yang sepakat dengan Indonesia, di antaranya Norwegia, Inggris dan Jerman. Menurut Rhuanda, posisi Indonesia sendiri cukup aman.

"Jadi mau ekstrem kasihan negara-negara yang masih di bawah kita, harus dukung mereka. Kalau dana ini terserap untuk capacity building, anggaran untuk penurunan emisi berkurang, oleh karena itu kita dorong bagaimana negara-negara itu bisa meng-improve," tuturnya.

Sedangkan beberapa negara mempertahankan mekanisme pasar, di antaranya Brasil, China, India dan Arab Saudi.

"Karena mereka hutannya masih bagus. Kemudian, China dan India reforestrasinya berhasil, artinya mereka bisa berjualan, bisa market," ucapnya.



Untuk mencapai kesepakatan soal artikel 6 Paris Agreement tersebut, RI berharap ada perundingan informal dengan negara-negara yang mendukung mekanisme pasar.

"Kita harus upayakan bilateral, negosiasi informal," ucapnya.

Pembahaaan soal artikel 6 Paris Agreement ini diharapkan tuntas pada konvensi perubahan iklim yang ke-25 tahun ini. "Semua parties di Madrid ini akan menghasilkan artikel 6 ini selesai, sehingga jelas pada saat implementasi 1 januari 2020 sudah jelas dan instrumen untuk itu sudah siap," tuturnya.
Halaman

(mea/haf)