detikNews
Selasa 03 Desember 2019, 16:35 WIB

Hari Disabilitas Internasional 2019, Ini Harapan Wakil Presiden Ma'ruf Amin

Sudiarto Putra - detikNews
Hari Disabilitas Internasional 2019, Ini Harapan Wakil Presiden Maruf Amin Hari Disabilitas Internasional. Foto: Ari Saputra
Jakarta - Sejak tahun 1992 setiap tanggal 3 Desember selalu diselenggarakan peringatan Hari Disabilitas Internasional atau United Nations Internasional Day of Persons with Disabilities/ (UN IDPD). Peringatan Hari Disabilitas Internasional ini didasarkan pada resolusi Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa 47/3 tahun 1992.

Tahun ini, Hari Penyandang Disabilitas Internasional (IDPD) berfokus pada pemberdayaan penyandang disabilitas untuk pembangunan yang inklusif, adil, dan berkelanjutan. Hal ini diantisipasi dalam Agenda 2030 untuk Pembangunan yang Berkelanjutan.



Peringatan Hari Disabilitas Internasional digelar untuk meningkatkat kesadaran masyarakat dari berbagai pihak terhadap persoalan penyandang disabilitas. Peringatan HDI juga menjadi bagian untuk memperjuangkan tuntutan perlindungan dan pemenuhan hak sahabat yang mengidap disabilitas.


Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat membuka peringatan Hari Disabilitas Internasional pada Selasa pagi tadi menyemangati para penyandang disabilitas untuk mengubah pandangan masyarakat selama ini. Caranya dengan kemuan yang keras dan tidak putus asa.


KH Ma'ruf Amin kemudian mencontohkan sejumlah tokoh penyandang disabilitas yang kini duduk di pemerintahan. Mereka antara lain: Wamen Agraria dan Tata Ruang, Surya Tjandra; dan Staf Khusus Presiden Jokowi, Angkie Yudistia.


Ma'ruf berharap nantinya warga disabilitas tak hanya menjadi staf khusus tapi juga wakil presiden. "Kita juga mengenal Ibu Angkie Yudistia, yang baru saja diangkat sebagai staf khusus Presiden RI mewakili generasi milenial. Siapa tahu bukan hanya staf khusus, tapi wakil presiden," ujarnya.



Pesan Ma'ruf untuk Difabel: Dengan Kerja Keras, Semua Bisa Berprestasi

[Gambas:Video 20detik]


(lus/erd)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com