Viral Hiu Paus Terlilit Tali 'Minta Tolong' Nelayan, Kibaskan Ekor Usai Bebas

Indah Mutiara Kami - detikNews
Selasa, 03 Des 2019 14:46 WIB
Foto: Viral hiu paus minta tolong ke nelayan
Foto: Viral hiu paus 'minta tolong' ke nelayan
Jakarta - Video seekor hiu paus tersangkut tali lalu menghampiri nelayan viral di media sosial. Hiu paus itu seakan 'minta tolong' kepada para nelayan yang akhirnya memotong tali tersebut.

Lokasi kejadian itu di Malaysia, tepatnya di Bintulu, Sarawak. Seperti dilansir Astro Awani, video itu awalnya diunggah oleh akun Facebook Persatuan Haiwan Malaysia dan kini sudah ramai disebarkan pula di Twitter.

Video yang viral itu direkam oleh nelayan. Awalnya, ikan hiu paus berukuran besar itu tampak mendekati kapal nelayan. Bagian belakang tubuhnya tampak tersangkut tali sehingga dia sulit bergerak. Para nelayan menangkap 'permintaan tolong' hewan tersebut.

"Minta tolong eh, minta tolong," ucap salah satu nelayan.

Setelah posisi hiu paus dekat dengan kapal, seorang nelayan lalu menggunakan kayu untuk menarik tali lalu nelayan lainnya memotong tali itu dengan pisau. Akhirnya, hiu paus itu bisa berenang dengan bebas.

"Bye bye, take care," kata para nelayan yang menyelamatkan hiu paus itu.

"Wah happy dia," ujar nelayan lain saat melihat hiu paus itu mengibaskan ekornya.

Viral Hiu Paus Terlilit Tali 'Minta Tolong' Nelayan, Kibaskan Ekor Usai BebasFoto: Viral hiu paus 'minta tolong' ke nelayan


Viral Hiu Paus Terlilit Tali 'Minta Tolong' Nelayan, Kibaskan Ekor Usai Bebas


Aksi para nelayan itu panen pujian dari netizen. Bahkan, Wakil Perdana Menteri Malaysia, Wan Azizah, mengapresiasi video viral itu.

"Betapa besarnya kuasa Allah SWT," tulis Wan Azizah.



Para nelayan ini sendiri kaget dan tidak menyangka video itu akan viral. Saat peristiwa itu terjadi, mereka baru saja menyelesaikan kegiatan memancing selama 3 hari.

"Saya tidak menyangka bahwa video itu akan viral di media sosial. Tapi kami bersyukur bisa menyelamatkan hiu paus, apalagi dia adalah spesies yang terancam," kata nelayan yang merekam video itu, Zaidi Suhaili seperti dilansir Utusan Borneo.

Zaidi menceritakan bahwa hiu paus itu mendadak berenang ke permukaan air dekat kapal mereka sekitar pukul 11.00. Tali tebal di sekitar sirip membuat hiu paus itu sulit berenang.

"Saat mendekati kapal kami, dia tampak tak mau pergi. Seolah-olah meminta bantuan," ujarnya.



Aksi para nelayan juga dipuji oleh mantan Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti. Susi mengunggah video viral ini di akun Twitter-nya dan mengucapkan terima kasih ke para nelayan.

"Kerjasama kemanusiaan yg luarbiasa indah antara 2 mahkuk ciptaan Tuhan. Terimakasih Bapak2 Nelayan. Anda pahlawan kemanusiaan 🙏🙏🙏🙏👍👍👍👍" tulis Susi. (imk/fdn)