Kini Bangga, Begini Momen Prabowo Dulu Kritik Alutsista Indonesia

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 03 Des 2019 13:32 WIB
Foto: Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto meninjau pameran alutsista di Kemhan, Jakarta Pusat (Agung Pambudhy)

Bahkan puncaknya, Prabowo sempat marah karena ada tawa ketika dia menjelaskan terkait pertahanan yang lemah.

"Saya bukan menyalahkan, saya berpendapat. Kekuatan pertahanan kita masih rapuh. Salah siapa? Salah nggak tahu saya (lalu terdengar suara tertawa) elite," tutur Prabowo (30/3).

Prabowo pun bereaksi. Dia mempertanyakan suara tawa itu.

"Jangan ketawa. Kenapa kalian ketawa? Pertahanan Indonesia rapuh kalian ketawa. Lucu ya? kok lucu," kata Prabowo.

Namun, kini pandangan Prabowo soal alutsista sudah berbeda. Prabowo memuji alutsista Indonesia usai meninjau Pameran Industri Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan di kompleks Kemhan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (3/12/2019).

"Sekarang saya bangga sudah punya kemampuan seperti sekarang," ujar Prabowo.


Prabowo mengaku kondisi alutsista RI saat ini sudah membanggakan dan sudah memiliki kemampuan-kemampuan yang sangat bagus. Prabowo optimistis Indonesia akan lebih mandiri di bidang alutsista dalam 5 tahun ke depan.

"Jadi selama ini saya dengan wakil menteri, kita sudah keliling. Untuk mempercepat proses kita undang industri pertahanan swasta. Alhamdulillah kemampuan kita sudah sangat baik, sangat maju, tentunya ada bagian-bagian yang masih harus kita mengadakan litbang lagi, tapi insyaallah saya optimistis lima tahun lagi kita akan menjadi lebih mandiri, berdiri di atas kaki kita sendiri," tuturnya.
Halaman

(dnu/fjp)